Donate Today! Click Here!

EMail Cetak

Suaka Ananda BPos

Kegiatan 

Judul:
Laporan khusus dari “19th Congress International Society of Aesthetic Plastic Surgery”
Kapan:
11.05.2009
Lokasi:
Melbourne -
Katagori:
Suaka Ananda BPos Event

Description

* Melbourne, Australia. 10-13 February 2008

Kongres Bedah Plastik Internasional ke 19 kali ini diadakan di Melbourne Australia bertempat di Melbourne Convention Centre yang berdekatan dengan Crown area. Memilih dilokasi tersebut karena selain terletak dijantung kota Melbourne juga disekitar crowne hotel tersebut juga terdapat daerah wisata kuliner yang menarik dan juga daerah wisata belanja yang paling disukai oleh para peserta yang membawa anggota keluarga tentunya.

Penulis datang sebagai utusan dari RSUD ULIN Banjarmasian bersama dengan peserta Indonesia lainnya yang datan g dari RSU. Syaiful Anwar Malang 2 orang, RSU Dr. Soetomo Surabaya 5 orang, RSU Cipto Mangunkusumo Jakarta terdiri dari 6 peserta. Pada hari ini adalah registrasi dan kegiatan prekonggres yaitu mengikuti latihan bedah mayat di "Melbourne University of Medical School" dan pemutaran video operasi beberapa kasus yang dilakukan oleh beberapa ahli bedah plastik dari seluruh dunia.

Rencananya besok tgl 10 pembukaan konggres akan dilakukan oleh President ISAPS (International Society of Aesthetic Plastic Surgery) Bryan C. Mendeson, MD yang berasal dari Australia dan juga dihadiri oleh beberapa Ahli Bedah Plastik seluruh dunia diantaranya Susunu Takayanagi, MD yang juga ketua departemen pendidikan ISAPS yang berasal dari Jepang, Professor David de Kretser yang lahir di Kolombo Srilangka tahun 1939 dan migran ke Australia tahun 1969 yang sekarang sebagai gubenur negara bagian victoria dan beberapa ahli bedah Plastik dunia lainnya dari Amerika, Brasil, Italia, Asia, dan juga dari belahan Afrika.

Konggres Bedah Plastik Internasional kali ini banyak membicarakan tentang Bedah Plastik Estetika atau Bedah Plastik Kosmetik, diantaranya tentang Liposuction (bedah sedot lemak) , Facial Rejuvenation (Peremajaan Wajah), Body Contouring, Abdominoplasty (tummy tuck) serta estetik lainya yaitu Blepharoplasty (mata), Rhinoplasty (hidung), Transplantsi Rambut, Operasi kelamin, bedah payudara dan juga tidak ketinggalan Fillers dan perawatan kulit.

Kasus rekonstruksi bukannya tidak dibicarakan tetapi memang harus diakui bahwa Bedah Palstik Estetik adalah suatu tantangan tersendiri sehingga kasus Estetik menjadi porsi yang paling besar dalam konggres kali ini.

Hari ini memang Konggres belum dimulai tetapi segala sesuatu disekitar area konggres sudah tampak ramai, terutama adanya penumpukan massa yang terdiri dari orang-orang  ingung disekitar tempat konggres. Penulis melihat orang-orang yang bingung banyak dari asia, yang memang mungkin karena kendala bahasa atau karena malu bertanya sehingga mereka jalan seperti seterika. Setelah selesai dengan kegiatan prekonggres hari ini penulis mencoba jalan-jalan disekitar hotel menggunakan Tram atau semacam kereta listrik yang terdiri dari 2 gerbong yang melewati jalan –jalan ditengah kota, hari ini penulis cukup beruntung karena bersamaan dengan perayaan Imlek di Melbourne jadi suasana warna merah menjadi cukup dominan di daerah pecinan.

Dr. Dharma PTR Maluegha SpBP

Tempat

Venue:
Melbourne