Donate Today! Click Here!

Kalsel Bebas Bibir Sumbing

PDF
Cetak
E-mail
Rabu, 05 Agustus 2009 20:51


DARMAWATI duduk di pangkuan ibunya, Marlina (28). Meski berada di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin, bocah lima tahun itu tak tampak ketakutan. Malah ia sangat ceria.

Darmawati merupakan satu dari 106 pasien program operasi gratis bibir sumbing yang digelar Yayasan Suaka Ananda BPos bekerja sama dengan PT Arutmin Indonesia didukung RSUD Ulin Banjarmasin, yang dimulai Jumat (31/7).    

Nurdin (32), ayah Darmawati, pun sangat gembira anaknya mengikuti program tersebut. Kelelahan usai perjalanan jauh yang ditempuhnya, sekitar delapan jam menuju Banjarmasin dari Desa Sungai Loban, Kabupaten Tanahbumbu, seakan sirna demi kesembuhan sang anak.

Selama di Banjarmasin, kata Nurdin, semua biaya transport dan akomodasi ditanggung Arutmin.    

Kegiatan itu merupakan rangkaian HUT ke-3 Yayasan Suaka Ananda dan HUT ke-38 Banjarmasin Post Group. Acara dibuka Wakil Direktur RSUD Ulin, dr Suciwati, dihadiri petinggi BPost Group antara lain Pemimpin Umum HG Rusdi Effendi AR, dan Pemimpin Perusahaan A Wahyu Indriyanta, serta GM Operasional PT Arutmin Indonesia, Sudirman Wirdhy.

Sudirman mengatakan, sebagian besar karyawan PT Arutmin adalah masyarakat Kalsel. Karena itulah, perusahaan yang bergerak di bidang tambang batu bara itu, selalu memberikan perhatian kepada masyarakat Banua.

Menurutnya, PT Arutmin sudah melakukan operasi bibir sumbing sejak  2002 dengan sasaran penduduk sekitar tambang.

HG Rusdi Effendi AR mengatakan, mengharapkan melalui kegiatan seperti ini bisa membebaskan anak-anak Kalsel dari bibir sumbing.

"Siapa tahu nantinya salah satu pasien yang dioperasi atas bantuan PT Arutmin dan yayasan ini, jadi wali kota, bupati, gubernur bahkan presiden. Dan Kalsel benar-benar terbebas dari anak yang mengalami bibir sumbing," ujarnya.

Dia berharap, ke depan eksistensi Yayasan Suaka Ananda BPos lebih baik lagi. Selain itu, kerja sama dengan Arutmin, terutama dalam bidang sosial, makin meningkat.    

Sementara itu, usai Salat Jumat, Gubernur Kalsel Rudy Ariffin menjenguk pasien yang mengikuti program Yayasan Suaka Ananda BPos dan PT Arutmin tersebut.

Rudy tanpa segan berbincang dengan para orang tua, sesekali dia mengelus kepala pasien.

Orang nomor satu di Kalsel itu didampingi Manager Coorporate Social Responsibility (CSR) PT Arutmin, Iwan Sugiarto, Super Intendent Community Development, Nurcholis, dan Community Coordinator, Diana serta Wawan. 

"Kegiatan seperti ini merupakan suatu hal yang menggembirakan bagi pasien yang tidak mampu. Operasi kesembuhan anaknya bisa langsung terbantu," kata Rudy. (*)

 

Isi Komentar

Show/Hide Comment form